Solusi Dengan Metode Grafik
Langkah-langkah penyelesaian
persoalan programa linier dengan metode grafik sebagai berikut:
1.
Gambarkan fungsi-fungsi kendala:
Untuk
keperluan itu, pertidaksamaan dianggap berbentuk persamaan.
Contoh:
Fungsi
kendala : a11X1 + a12X2 ≤ b1 => a11X1
+ a12X2 =
b1
Jika X1 = 0 maka X2
= b1 / X1
=> A (
0 , b1 / X1 )
Jika X2 = 0 maka X1
= b1 / X2
=> B (b1 / X2 , 0 )
2.
Tentukan Area Laik (feasible area) bagi masalah yang bersangkutan yakni area yang dibatasi garis-garis
kendala. Area laik ditunjukkan oleh area yang diatesis pada bidang yang
dibatasi garis-garis kendala.
Petunjuk:
·
Jika fungsi kendala berbentuk ≤ (misalnya a11X1 + a12X2
≤ b1)
maka arsirlah bidang disebelah kiri garis kendala.
·
Jika
fungsi kendala berbentuk ≥ (misalnya a11X1
+ a12X2 ≥
b1) maka arsirlah bidang disebelah kanan garis kendala.
·
Irisan (Intersection) daribidang-bidang yang diarsir merupakan area
laik bagi persoalan programa linier yang bersangkutan.
Misalnya ada dua fungsi kendala:
a11X1 + a12X2
≤ b1
a21X1 + a22X2
≥ b2
3.
Tentukan nilai-nilai tujuan pada setiap koordinat titik potong gas-garis kendala
yang membatasi area laik. Titik-titik itu boleh disebut titik-titik relevan.
Misalnya,
pada contoh diatas:
Titik-titik
relevan adalah A, C, dan E.
Hitung nilai
tujuan (Z) pada asing-masing titik relevan:
ZA
= ?
ZC
= ?
ZE
= ?
4.
Tentukan nilai tujuan yang memberi penyelesaian optimum (maksimum atau
minimum).
Misalnya,
pada contoh diatas:
·
Jika kasusnya adalah maksimasi:
ZA
ZC => yang paling tinggi merupakan nilai
tujuan yang memberikan nilai maksimum
ZE
·
Jika kasusnya adalah minimasi:
ZA
ZC => yang paling rendah merupakan nilai
tujuan yang memberikan nilai minimum
ZE
Contoh Solusi Dengan Metode Grafik.
PT. Auto Indah memproduksi
dua jenis mobil, yaitu mobil sedan dan truk. Untuk dapat merangkul konsumen
berpenghasilan tinggi perusahaan ini memutuskan untuk melakukan promosi dalam
dua macam acara televisi yaitu acara hiburan dan acara olahraga. Promosi pada
acara hiburan akan disaksikan oleh 7 juta pemirsa wanita dan 2 juta pemirsa
pria dalam 1 menit penayangan. Promosi pada acara olahraga akan disaksikan oleh
2 juta pemirsa wanita dan 12 juta pemirsa pria dalam 1 menit penayangan. Biaya
promosi pada acara hiburan adalah 5 juta rupiah permenit, sedangkan pada acara
olahraga 10 juta rupiah per menit. Jika perusahaan menginginkan promosinya
disaksikan sedikitnya 28 juta pemirsa wanita dan 24 juta pemirsa pria, berapa
lamanya promosi dalam acara hiburan dan acara olahraga agar dicapai biaya
promosi minimum dan berapa biaya promosi minimumnya?
Variabel Keputusan:
X1 : Durasi Acara
Hiburan / menit
X2 = Durasi Acara
Olahraga / menit
Model LP:
Minimumkan Z = 5x1 + 10x2
Terhadap Pembatas:
7x1 + 2x2 ≥ 28 (pemirsa wanita)
2x1 + 12x2 ≥ 24 (pemirsa pria)
Dimana xj ≥
0 j = 1,2
*7x1 +
2x2 ≥ 28
|
=>
|
7x1 +
2x2 = 28
|
||
X1 = 0
X2 = 0
|
=>
=>
|
7(0) + 2x2
= 28
=> 2x2
= 28
=> x2
= 14 => A ( 0 , 14 )
7x1 +
2(0) = 28
=> 7x1
= 28
=> x1
= 4 => B ( 4 , 0 )
|
*2x1 +
12x2 ≥ 24
|
=>
|
2x1 +
12x2 = 24
|
||
X1 = 0
X2 = 0
|
=>
=>
|
2(0) + 12x2
= 24
=> 12x2
= 24
=> x2
= 2 => C ( 0 , 2 )
2x1 +
12(0) = 24
=> 2x1
= 24
=> x1
= 12 => D ( 12 , 0 )
|
Titik Relevan : A, D, E
Nilai pada Z A = 5(0) + 10(14) = 140
Nilai pada Z D = 5(12) + 10(0) = 60
Nilai pada Z E:
7x1 +
2x2 = 28
2x1 +
12x2 = 24
|
x6
x1
|
42x1 +
12x2 = 168
2x1 +
12x2 = 24
|
=> 40x1
= 144
=> x1
= 3.6
|
Masukan x1 = 3.6 pada persamaan 2x1 + 12x2
= 24 :
2(3.6) + 12x2 = 24
7.2 + 12x2 = 24
12x2 = 16.8
=> x2 = 1.4
Jadi koordinat titik E adalah (3.6 , 1.4)
Maka
Nilai pada Z E = 5(3.6) + 10(1.4) = 32
Kesimpulan:
1. Agar
mencapai biaya promosi minimum, PT Auto Indah sebaiknya melakukan promosi pada
acara hiburan selama 3.6 menit dan pada acara olahraga selama 1.4 menit.
Biaya promosi minimum
yang dicapai adalah sebesar 32 juta.
Komentar
Posting Komentar