Fadilah Hari Jumat


Hari Jumat adalah salah satu dari 3 hari raya agama Islam. Banyak sekali keutamaan pada hari besar ini. Pada hari Jumat, Allah SWT mendekatkan hamba-hamba-Nya kepada ampunan, pengabulan, santunan dan kasih sayang-Nya. Amalan-amalan hari Jumat adalah amalan-amalan yang di utamakan pahalanya. Karena hari Jumat memiliki nilai agama yang besar, maka kaum muslimin dianjurkan untuk menggunakan hari Jumat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT Yang Maha Mulia.

Keistimewaan hari Jumat dibandingkan hari-hari lain adalah:
  1. Pada hari Jumat, Allah SWT menyempurnakan serta meridai Islam sebagai agama dan nikmat bagi umat manusia.
  2. Allah SWT menjadikan hari Jumat ebagai hari raya mingguan bagi kaum muslimin.
  3. Allah SWT mewajibkan ibadah shalat Jumat kepada laki-laki mukmin muslim. Allah SWT berfirman, "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk mendirikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu mengingat allah dan dinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu juka kamu mengetahui. apabila shlat telah didirikan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah. Dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung." (QS.62:9-10)
  4. Allah SWT meridai dan menegakkan persaudaraan umat Islam dalam jemaah shalat Jumat
  5. Pada hari Jumat, Allah SWT telah menciptakan NabiAdam AS, memasukkannya ke dalam surg, mengeluarkannya dari surga,serta memberikannya rahmat dan ampunan
  6. Allah SWT memerintahkan kiamat terjadi pada hari Jumat.
Rasulullah SAW menjelaskan fadilah hari Jumat, di antaranya:
  1. "Ada suatu saat di hari Jumat yang jika seorang muslim memintasesuatu kepada Allah Azza wa Jalla, niscaya Allah akan memenuhinya."
  2. "Apabila pada hari Jumat permintaan kita tidak dipernuhi-Nya, sungguh Allah telah menyimpan untuk kita bagian yang lebih baik."
  3. "Apabila hamba-hamba Allah SWT selamat pada hari Jumat, maka selamatlah mereka pada hari yang lain."
  4. "Barang siapa mandi, kemudian menghadiri jemaah Jumat, lalu mendirikan shalat sunnah semampunya, kemudian diam mendengarkan khotbah hingga selesai, lalu shalat Jumat berjamaah, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukannya sampai Jumat berikutnya ditambah tiga hari setelah itu."
  5. "Barang siapa mandi, kemudian datang menghadiri jemaah Jumat di awal waktu, duduk dekat imam, dan mendengarkan khotbah tanpa berbicara atau menyib sesuatuukkan diri deng, maka Allah SWT akan memberikan pahala bgi setiap langkah menuju masjid sebear pahala bagi orang ang brpuasa dan beibadah di malam hari selma satu tahun."
  6. "Apabila seorang mukmin meninggal pada malam atau hari Jumat, maka Allah SWT akan memberikan pahala syahid dan menjaganya dari azab kubur."
  7. "Pada hari Jumat, Allah SWT memerdekakan 600.000 orang dri azab api neraka."
Rasulullah SAW memperingatkan:
  1. "Barang siapa dengan sengaja meninggalkan shalat Jumat tiga kali, maka Allah SWTakan menutup hatina dan menggolongkannya sebagaiorang llai."
  2. "Barang siapa dengan sengaja meninggalkan shalat Jumat, maka diwajiban a bertobat dan bersedekah satu dinar emas (4,5gram emas). Jia tidak mampu satu dinar, maka setengah dinar."
Karena keutamaan-keutamaan hari Jumat,Rasulullah SAW mengajak umat Islam untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an, berzikir, berpakain terbaik, dan menggunakan wewangian terbaik ketika akan menghadiri shalat Jumat.

Komentar

Postingan Populer