Pengantar Filsafat Ilmu

# Apa itu Filsafat dan jelaskan alasan anda apa relevansinya mempelajari Filsafat Ilmu? #
  • Filsafat secara etimologis berasal dari bahasa Yunani philosophia. Philos berarti suka, cinta, atau kecenderungan pada sesuatu, sedangkan Sophia artinya kebijaksanaan. Dengan demikian, secara sederhana, filsafat dapat diartikan cinta atau kecenderungan pada kebijaksanaan. Beberapa definisi Filsafat berdasarkan watak dan fungsinya sebagai berikut:
a. Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis (arti informal).
b. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita junjung tinggi (arti formal).
c.  Filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan. Artinya filsafat berusaha untuk mengkombinasikan hasil bermacam-macam sains dan pengalaman kemanusiaan sehingga menjadi pandangan yang konsisten tentang alam (erti spekulatif)
d.  Filsafat adalah analisis logis dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dan konsep. Corak filsafat yang demikian ini dinamakan juga logosentrisme.
e.  Filsafat adalah sekumpulan problema yang langsung, yang mendapat perhatian dari manusia dan yang dicarikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat.
  • Alasan saya mempelajari filsafat adalah agar mampu berpikir mengenai suatu masalah secara mendalam dan kritis, membentuk argumen dalam bentuk lisan maupun tulisan secara sistematis dan kritis, mengkomunikasikan ide secara efektif, dan mampu berpikir secara logis dalam menangani masalah-masalah kehidupan yang selalu tak terduga.
  
# Apakah menurut anda Kebijakan identic dengan Kebijaksanaan? Jelaskan #

  • Kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak sedangkan Kebijaksanaan adalah kemampuan untuk secara optimal (efektif dan efisien) menerapkan persepsi dan pengetahuan berdasarkan pemahaman tentang apa yang benar dibarengi dengan penilaian yang optimal untuk bertindak. meliputi: kecerdasan, kearifan, atau wawasan. Dari kedua arti tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa Kebijakan identic dengan Kebijaksanaan. Mengapa? Sebab suatu kebijakan muncul dari berdasarkan pemikiran/ pemahaman yang benar dengan tujuan untuk menangani masalah-masalah kehidupan yang terjadi demi kesejahteraan bersama.
 
# Dari aspek Etimologi apakah pengertian filsafat sama dengan pengertian secara Terminologi? Jelaskan bila sama dan jelaskan pula bila  menurut anda ada perbedaan! #
  • Definisi Filsafat secara Etimologi dari kata philosophia berasal dari kata yunani. philos adalah cinta/ mencintai dan sophia adalah kebijaksanaan yang artinya adalah cinta akan kebijaksanaan sedangkan, jika dilihat secara Terminologi adalah pandangan pandangan seseorang atau sekelompok orang terhadap suatu nilai dengan cara sistematis, radikal, konfrehensif, analitis dan dialektis. Dari kedua defensi tersebut, jelas sekali menunjukkan letak perbedaan antara defensi secara etimologi dan terminologi. Secara Etimologi, filsafat lebih condong berpikir mengenai suatu perasaan yang membawa ketenangan yang diciptakan oleh cinta dan kebijaksanaannya. Sedangkan secara terminologi, filsafat lebih cenderung ke arah “bagaimana ini bisa terjadi?” dengan kata lain filsafat secara terminologi memicu kita untuk mencari sesuatu yang telah kita ketahui menurut kepercayaan namun belum kita pahami menurut pikiran kita.

# Apakah yang menjadi ciri dari proses berpikir secara filsafat? Berikan contoh untuk 3 (tiga) ciri proses berpikir secara filsafat! #
  • Yang menjadi ciri dari proses berpikir secara Filsafat adalah: 
    • Menyeluruh/Universal. 
    • Mendasar/Radikal. 
    • Konseptual. 
    •  Koheren/Kosisten. 
    •  Sistimatk. 
    •  Konperensif Bebas dan betanggung jawab.
  • Contoh:
    • Menyeluruh/Universal, berpikir yang berlandaskan dasar fakta, (kenyataan) yang akan terjadi.
    • Mendasar/radikal, berpikir pada hal-hal yang mendasar.
    • Konseptual. Berpikir secara konsep yang berisi makna yang jelas.

# Apakah menurut anda ada proses berpikir yang tidak filsafat? Berikan 1 (satu) contoh proses berpikir yang bukan filsafat #
  • Cara berpikir yang bukan filsafat adalah cara berpikir tanpa berdasarkan pengetahuan/ilmu, sehingga hasil pikiran yang ditimbulkan salah dan tak dapat dibuktikan sama sekali.
  • Contoh : Orang yang sempit pikirannya, kalau menemukan istilah baru seringkali langsung menyalahkannya. Maklumlah, cara berpikirnya dogmatis-pasif. Enggan menerima sesuatu yang baru. Misalnya frasa kata “empiris nonfisik”. Dia akan tertawa membaca istilah itu. Sebab dia tahunya empiris itu bersifat fisik. Misalnya, air akan mendidik pada panas sekian derajat dan bisa dibuktikan secara berulang (empiris) dan bisa diuji secara fisik. Baginya empiris nonfisik dianggapnya aneh dan tidak mungkin dan bahkan tidak ada. 
# Kebijaksanaan mengandung arti yang sangat luas, jelaskan minimal 2 (dua) ciri dari statement ini. Dan berikan pula contoh nyata yang diambil dari pengalaman pribadi anda #
  • Kebijaksanaan adalah kemampuan untuk secara optimal (efektif dan efisien) menerapkan persepsi dan pengetahuan berdasarkan pemahaman tentang apa yang benar dibarengi dengan penilaian yang optimal untuk bertindak. meliputi: kecerdasan, kearifan, atau wawasan.
  • Contoh: Dalam mengerjakan tugas, saya memilih untuk membaca dan memahami dari berbagai sumber walaupun apa yang ingin diketahui telah ditemukan dan benar.
# Apa manfaat filsafat bagi anda sebagai mahasiswa yang belajar di Fakultas Ekonomi #
  • Manfaat filsafat bagi saya di bidang ilmu ekonomi antara lain: 
    • Untuk mengetahui lebih mendalam tentang asal mula atau sumber, struktur, metode dan validitas ilmu ekonomi.
    • Untuk dapat menentukan sasaran dari ilmu ekonomi berupa hubungan antar manusia dalam memenuhi kebutuhan materialnya.
    • Menambah pengetahuan tentang peranan ilmu ekonomi dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan aspek aksiologis ilmu ekonomi seperti masalah pengangguran, tanggung jawab sosial perusahaan, peningkatan mutu dan taraf kehidupan.
# Siapakah yang pertama kali menggunakan kata “Filsafat” dan jelaskan apa maksud serta peristiwa yang terjadi sehingga tokoh tersebut menggunakan kata “Filsafat” #
  • Orang yang pertama kali menggunakan istilah filsafat adalah Pythagoras dari Yunani (582 – 496 SM). kata "filsafat" di pakai Pythagoras sebagai reaksi terhadap kaum cendikiawan pada masanya yang menamakan dirinya 'ahli pengetahuan'. Pythagoras menyatakan bahwa pengetahuan itu begitu luas dan terus berkembang. Tiada seorangpun yang  mungkin mencapai ujungnya apalagi menguasainya. Jadi jangan sombong menjuluki diri kita 'ahli' dan 'menguasai' ilmu pengetahuan, apalagi kebijaksanaan. Paling tinggi kita ini, kata Pythagoras, yang banyak menysusun dan menemukan rumus-rumus ilmu yang jitu dan diakui hingga zaman modern, adalah pencari dan pecinta pengetahuan dan kebijaksanaan yakni filosofis.
# Apa yang dimaksud dengan pengetahuan, dan bagaimana sumber pengetahuan diperoleh jelaskan minimal 2 (dua) sumber yang anda ketahui diseertai contohnya! #
  • Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Sumber-sumber pengetahuan antara lain:
  • a.      Empirisme (Indera)
    Empirisme menjadikan pengalaman inderawi sebagai sumber pengetahuan. Sesuatu yang tidak diamati dengan indera bukanlah pengetahuan yang benar. Contoh : Gejala alam, menurut aliran ini bersifat konkret, dapat dinyatakan dengan panca indera dan mempunyai karakteristik dengan pola keteraturan mengenai suatu kejadian.seperti langit yang mendung yang biasanya diikuti oleh hujan, logam yang dipanaskan akan memanjang.
    b.      Rasionalisme (Akal)
    Akal mengatur data-data yang dikirim oleh indera, mengolahnya dan menyusunnya hingga menjadi pengetahuan yang benar. Dalam penyusunan ini akal menggunakan konsep rasional atau ide-ide universal.
    c.       Intusionisme (Intuisi)
    Pengetahuan intuisi bersifat mutlak, Intuisi mengatasi sifat lahiriah pengetahuan simbolis. Intuisi dan analisa bisa bekerja sama dan saling membantu dalam menemukan kebenaran. Namun intuisi sendiri tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun pengetahuan. Contoh: pembahasan tentang keadilan. Apa adil itu? Pengertian adil akan berbeda tergantung akal manusia yang memahami. Adil bisa muncul dari si terhukum, keluarga terhukum, hakim dan dari jaksa. Adil mempunyai banyak definisi.
    d.      Illuminasionisme (hati)
    Illuminasionisme banyak berkembang dikalangan agamawan dan dalam Islam dikenal dengan teori kasyf yaitu teori yang mengatakan bahwa manusia yang hatinya telah bersih mampu menerima pengetahuan dari Tuhan. Kemampuan menerima pengetahuan secara langsung ini, diperoleh melalui latihan spiritual yang dikenal dengan suluk atau riyadhah. Lebih khusus lagi, metode ini diajarkan dalam thariqat.
    e.       Wahyu (agama)
        Wahyu sebagai sumber pengetahuan juga berkembang dikalangan agamawan. Wahyu adalah pengetahuan agama disampaikan oleh Allah kepada manusia lewat perantara para nabi yang memperoleh pegetahuan tanpa mengusahakannnya. Pengetahuan ini terjadi karena kehendak Tuhan. Hanya para nabilah yang mendapat wahyu. 

# Apa yang dimaksud dengan Ilmu dan bagaimana ilmu itu diperoleh?  #
  • lmu, sains, atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Ilmu diperoleh dari berbagai hal, antara lain
    • Dari Pendidikan.
    • Pengalaman Diri Sendiri atau Orang Lain.
    •  Dari Alam dan Mahkluk Hidup lainnya.
# Sebutkan satu konsep dalam ilmu ekonomi dan berikan penjelasan defenisi / arti dari konsep tersebut berdasarkan struktur bahasa ilmu yang diketahui #
  • Konsep Scarcity (Kelangkaan). Genius Proximumnya adalah keterbatasan, dan Differentia Specificanya adalah kebutuhan masyarakat yang tak terbatas sedangkan alat pemuas keadaannya terbatas
# Tambahkan satu konsep lagi dan buat Dalil atas kedua konsep yang anda buat pada soal nomor 11 dan nomor 12 #
  • Konsep Spesialisasi. Genius Proximum-nya adalah Kemampuan Bidang, dan Differentia Specifica-nya adalah kemampuan dalam mengembangkan metode-metode produksi yang baru yang mampu menghasilkan jumlah yang banyak dengan sedikit waktu dan atau sedikit bahan. 
  • Dalil yang dapat diciptakan dari kedua konsep di atas adalah, Keinginan yang Tak Terbatas harus diimbangi dengan Kemampuan Memperbaharui.
# Apakah mungkin perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi justru akan menjadi bencana bagi manusia (jelaskan dengan contoh) #
  • Kemungkinan perkembangan pengetahuan akan menjadi bencana bagi kita sendiri adalah sangat besar, sebab perkembangan pengetahuan pada saat ini mampu membawa mereka untuk bertindak  layaknya penguasa terlebih lagi layaknya “Tuhan”, beberapa contoh diantaranya adalah pengetahuan tentang Teknologi dan Fisika yang kini digabungkan dan menciptakan sebuah alat yang dinamakan Bom Atom dan juga Nuklir, ada juga yang menggabungkan antara pengetahuan Teknologi dengan Biogenetik yang menghasilkan ilmu mengenai Cloning atau penggandaan melalui pengcopyan DNA
# Kebenaran adalah hal yang paling utama dalam mempelajari Ilmu Pengethuan, apakah menurut anda Kebenaran dapat dibantahkan, diganti atau bahkan diubah menjadi “ketiak-benaran” ? berikan contoh suatu peristiwa dunia dimana Dalil ini terbukti benar, atau sebaliknya buktikan bahwa Dalil ini keliru #
  • Kebenaran adalah persesuaian antara pengetahuan dan obyek. Pengetahuan bersifat terbuka, itu sebabnya suatu kebenaran dapat terbantahkan apabila telah ditemukannya kebenaran baru yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Contohnya seperti teori bahwa bumi itu datar dan memiliki ujung, namun Cristopher Colombus membantahnya dan mengatakan bahwa bumi itu bundar dan membuktikannya lewat perjalanannya mengelilingi dunia dengan menggunakan kapalnya

Komentar

Postingan Populer